JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PP Muhammadiyah bekerjasama dengan Temasek Foundation memberangkatkan lima belas kepala sekolah Muhammadiyah ke Nanyang Polytechnic International (NYPI) Singapura untuk mengikuti Capability Development Program on Innovation in Teaching and Learning Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM), Ahad (11/09/2022).

“Pelatihan ini khusus untuk kepala sekolah, karena walaupun mereka mempelajari STEM namun pelatihan ini menekankan pada aspek kepemimpinan kepala sekolah. Jadi mereka mempelajari di antaranya fakkor-faktor penting yang menjadi tantangan pendidikan STEM, project based-learning, dan design thinking for solving real life problems. Nah, setelah mereka mempelajarinya secara daring selama seminggu, di Singapura mereka akan secara langsung mempelajarinya di kampus NYPI juga selama satu minggu penuh,” ujar Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Sungkowo.

CEO NYPI Henry Heng menyambut baik kerjasama pelatihan ini. “Saya sangat terkesan dan mengapresasi antusasime pesarta,” ujarnya pada pelatihan daring sebelumnya. “Kami menyambut peserta untuk datang langsung ke Singaoura.”

Wakil Ketua Majelis Dikdasmen Bidang Persekolahan PP Muhammadiyah Didik Suhardi memberikan pesan agar peserta betul-betul memanfaatkan kesempatan ini dan menerapkannya nanti setelah selesai pelatihan serta membagi ilmunya bagi yang lain.

“Ini demi kemajuan sekolah-sekolah kita,” ujarnya pada acara pembekalan dan pelepasan peserta di kantor PP Muuhammadiyah Jakarta.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Alpha Amirrachman menambahkan bahwa Majelis juga memberangkat empat personalia untuk mendampingi peserta.

“Kami mengutus Wakil Ketua Majelis Kasiyarno, Wakil Bendahara Majelis Mansyur Arsyad, Wakil Sekretaris Majelis Khoirul Huda, dan anggota Majelis Abdulah Mukti bukan saja untuk mendamping dan membantu peserta untuk urusan teknis dan logistik, tapi juga sekaligus untuk menimba ilmu secara langsung di NYPI,” pungkas Alpha.

Kelima belas kepala sekolah itu terdiri dari Derliana (MAS Kulliyatul Muballighien, Sumatera Barat), Alex Kurniawan Almansyur (SMA Muhammadiyah Ahmad Dahlan, Lampung), Dian Hadiyati (MA Darul Arqam Putri, Jawa Barat), Sunardi (SMA Trensains Muhammadiyah Srage, Jawa Tengah), Upik Mairina (SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, Jawa Tengah), Fitri Sari Sukmawati (SMA Muhammadiyah, DI Yogyakarta), Wahid Arsyad (SMK Muhammadiyah Ambarawa, Lampung), serta Kasyadi (SMK Muhammadiyah 1 Pakem, DI Yogyakarta).

Kemudian Febriantoni (SMK Muhammadiyah 1, DKI Jakarta), Pamuji Agustiar Ma’sudi (SMA Muhammadiyah Cileungsi, Jawa Barat), Aldo Fitra Yuda Saputra (SMK Muhammadiyah Muntok, Bangka Belitung), Mona Farida (SMP Muhammadiyah 36, DKI Jakarta), Farah Novita Sari (SMP Muhammadiyah Bojong Nangka, Banten), Khairil Anwar Dinity (SMP Muhammadiyah 2 Balikpapan, Kalimantan Timur) dan Hasanudin (SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman, Jawa Tengah). (HA)

Share This Post

Daftar Sekolah Sekarang!!!

drop us a line and keep in touch